dv203

Ada beberapa orang yang ternyata kurang begitu paham cara membackup database Dapodik 2.0.3. Karena dalam aplikasi Dapodik versi 2.0.3 tidak terdapat menu backup offline seperti Dapodik veri sebelumnya. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka tiap Operator Sekolah sebaiknya membackup database tersebut. Karena fatal jika laptop atau komputer anda yang diinstall Dapodik Versi 2.0.3 bermasalah dan anda tidak mempunyai backup apapun. Bisa dibayangkan anda akan memulai dari awal lagi untuk input data PTK atau Peserta Didik yang (menurut saya) sangat membosankan dan menguras banyak waktu, tenaga, serta pikiran (tidak tahu dengan anda). Berikut saya contohkan Cara Backup Database Dapodik Versi 2.0.3:

1. Klik Start dalam kolom search ketik local service, pilih View Local Service

1
2. Setelah muncul jendela Services, pada kolom (Name) DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv pada kolom (status) jika tertera Started ubah dengan cara klik kanan DapodikdasDB klik Stop, lakukan hal serupa pada DapodikdasWebSrv. Hal ini untuk mematikan proses database local pada komputer yang akan kita backup.

2
3. Setelah yakin DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv pada kolom (status) sudah tidak started atau sudah kosong, selanjutnya adalah mengcopy folder database dan dataweb pada C:\Program Files\Dapodikdas. Anda dapat mengcopy kedua folder tersebut di flashdisk atau di komputer lain untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan suatu saat nanti.

3
4. Untuk menjalankan kembali Dapodik yang kita backup datanya tadi kita kembalikan pada Services DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv pada kolom (status) menjadi Started

Komputer yang saya pakai menggunakan Operating System Windows 7, jika anda memakai OS yang lain saya rasa langkah-langkahnya hampir sama, intinya sebelum membackup database harus mematikan proses service localnya dulu, baru mengcopy kedua folder database dapodik tersebut. Demikian semoga bermanfaat terima kasih.

Incoming search terms: